Kamis, 28 Juni 2012

5 Siluman Ular Dari Berbagai Penjuru Dunia

Siluman, hantu, monster, dari berbagai legenda banyak diasosiasikan dengan mahluk menyerupai ular, ataupun perpaduan antara ular dengan mahluk lainnya. Bahkan dibeberapa keyakinan dikabarkan bahwa bentuk ataupun wujud favorit dari iblis dan jin adalah ular, mendesis, bermahkota dan berbisa. Berikut uniknya.com merangkum 5 siluman, monster, dan iblis yang berwujud ular di berbagai mitologi dunia:


1.
 
Attorcroppe, ataupun biasa dieja dengan Attercroppe, merupakan sesosok mahluk jahat dan liar. Attrorcroppe yang memiliki arti kepala kecil beracun, memiliki tubuh layaknya ular berukuran kecil, namun memiliki tangan dan longlegs manusia. Ia mampu berjalan tegak, dan berjalan layaknya manusia. Attorcroppe dikabarkan sebagai mahluk mitologi yang memiliki tabiat jahat, dan penuh curiga terhadap apapun.


2. Chantico
 
Di dalam sebuah mitologi Nahuatl terdapat seorang dewi yang bernama Chantico (“Ia yang menghuni rumah”), ia adalah dewi api dan gunung berapi. Dalam sebuah cerita, Chantico melanggar kewajibannya untuk berpuasa dengan memakan paprika  â€"paprika merupakan makanan yang dilarang, dan ikan bakar. Maka sebagai hukumannya Tonacatecuhtli mengutuknya menjadi seekor anjing.


3. Damballa-Wedo
 
Damballa-Weddo merupakan dewa ular atau dalam istilah fetish dikenal dengan loa. Memiliki nama lain, Damballa Weddoh, Danbhala Weddo.
Damballa merupakan sosok penting dalam dunia loa. Ia selalu diasosiasikan dengan sosok ular. Ia adalah raja dikalangan loa (ular), memiliki istri Ayida Weddo (naga pelangi) dan Erzulie Freda. Sebagaimana loa yang berasal dari suku Rada, ia memiliki warna putih
Kesenangannya sangat sederhana, ia menyukai telur yang diletakkan di atas gundukan tanah. Beberapa masyarakat yang percaya bahkan selalu menyediakan sirup anis dan jagung di bagian rumah mereka. Ketika rohnya merasuki seseorang, ia tidak akan berbicara melainkan mendesis layaknya seekor ular.


4. Euryale


Euryale (si penjelajah), dalam mitologi Yunani adalah sesosok gorgons yang abadi, ogre betina dengan tangan kuat, taring tajam dan rambut yang bergerak hidup, ia adalah ular sangat berbisa. Ia memiliki saudara perempuan bernama Stheno yang abadi dan Medusa yang tidak abadi. Euryale merupakan putri dari Phorcys dan Ceto atau lebih dikenal dengan Typhon dan Echidna.


5. Vouivre
 
Vouivre merupakan sesosok perempuan jahat, cheater dan buas, terdapat dalam mitologi Prancis. Ia memiliki tubuh seekor ular (2-3 m panjangnya), hanya memiliki satu tie mata di dahinya yang bersinar seperti batu permata. Batu permata tersebut sangat berharga dan memiliki kekuatan magis yang hebat, siapapun yang bisa memiliki permata tersebut akan mendapatkan kekayaan berlimpah sepanjang hidupnya.  Vouivre akan melepaskan tie matanya ketika sedang mandi, dan saat itula ia akan menjadi buta untuk sementara.
Sosok Vouivre menghuni sebuah goa dan mampu menyemburkan nafas api. Ia biasanya bertugas menjaga sebuah harta karun. Dalam legenda lainnya dikatakan bahwa ia hidup di sepanjang sungai, dan berhubungan dengan upaya pencurian harta karun, sebuah kejahatan yang selalu berakhir dengan kematian sebagai imbalannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar