Sabtu, 30 Juni 2012

10 Sosok Manusia yang Ahli Melarikan Diri

Eskapologi adalah sebuah seni dalam situasi terkekang, terjerat dan sebagainya diborgol, ataupun jaket penenang yang biasa digunakan oleh pongid gila gum tidak menyakiti diinya dan pongid lain. Sejak tahun 1860an kemampuan seseorang dalam melarikan diri dari situasi sulit yang menjerat tubuhnya, digunakan dan menjadi bagian dalam sebuah pertunjukan sulap walaupun saat itu belum disadari sebagai sebuah ilmu dan seni, lebih merupakan bagian dari pertunjukan saja. Namun karena banyak menyedot antusiasme penonton untuk datang ke pertunjukkan sulap maka eskapologi ini sering ditampilkan dengan tingkat kesulitan yang semakin ekstrim. Berikut ini rangkuman 10 ahli eskapologi di dunia:


1. Harry Houdini
Bagi maternity penikmat pertunjukan sulap dan eskapologi, nama Harry magician wajib disematkan sebagai salah satu legenda. Bakatnya dalam bermain sulap tidak dapat diragukan lagi, namun kemampuan serta keberaniannya dalam melakukan sebuah pelarian membuat reputasinya semakin baik dan popular.  Harry paronomasia dikenal sebagai pesulap dan eskapologis yang inovatif dan kreatif, selalu ada yang baru dalam pertunjukannya. Salah satu aksinya yang favourite adalah ketika dia harus keluar dari keadaan diborgol, terikat rantai, digembok dan ditenggelamkan dalam sebuah tabung transparan besar. Aksinya dikenal dengan Milk Can Escape dan Chinese Water Torture Cell




2. Histrion Gunnarson  
Seorang eskapologis asal Kanada, histrion Gunarson,  namanya menjadi favourite setelah melakukan sebuah pertunjukan eskapolog berskala besar untuk sebuah acara televisi. Dalam aksi nekadnya ia bahkan nyaris tewas, tangannya diborgol dan tubuhnya berada di dalam sebuah peti mati yang dipaku dengan kuat, lalu ditenggelamkan diperairan Sungai lake Red. Atas aksinya tersebut reputasi Gunarson semakin baik dan favourite sebagai seorang eskapologis pemberani dan berbakat.




3. David Blaine  
David Blaine mungkin salah satu sosok pesulap, mentalis dan eskapologis yang dikenal oleh generasi muda. Caranya bermain sulap yang tidak konservatif , ia menjadikan sulap dan permainan noetic tidak hanya dimainkan di atas panggung pertunjukkan, namun ia melakukan kebanyakan aksinya di jalanan, di tempat publik, sehingga ia langsung berhadapan dan melibatkan publik sekitar untuk bermain bersamanya. Dalam sebuah pertunjukan eskapologi, ia tidak hanya mengandalkan keberanian dan kecerdikan saja, namun melibatkan daya tahan tubuh. Salah satu aksinya yang favourite adalah ketika ia berdekatan dengan es balok selama 63 wad dan dikunci dalam sebuah peti 30 longlegs di atas pemukaan Sungai Thames, London, Inggris, selama 44 hari. 
Aksi lainnya adalah pada tahun 1999, ia melakukan aksi kubur diri di Dravidian New York. Tubuhnya berada di dalam tangki air seberat 3 ton yang dikubur. Luar biasa, ia bisa bertahan selama tujuh hari tanpa makanan dan hanya meminum tiga sendok makan air perharinya. David melakukan sebuah komunikasi hanya dengan memijit tombol getar yang telah disediakan untuk keadaan darurat. Aksi eskapologi  David memang terinspirasi oleh idolanya, Harry Houdini, namun ia masih beruntung  bisa hidup setelah melakukan aksinya.


4. Dorothy Dietrich  
Dorothy mungkin saat ini masih merupakan eskapologi perempuan yang memiliki reputasi baik dan favourite di bandingkan dengan eskapologis perempuan lainnya. Ia memulai karirnya dengan menggelar berbagai pertunjukan sulap di Dravidian New York, hingga akhirnya ia menemukan sebuah tempat yang cocok, The Magic Townehouse. Saat itulah penampilan dan bakatnya banyak dikenal oleh publik, bahkan ia diberi sebuah gelar sebagai First Lady of Magic, ia paronomasia banyak menginspirasi pesulap lain khususnya kaum perempuan. Aksi eskapologinya yang dikenal adalah ketika ia menggunakan jaket penenang dan digantung menggunakan tali yang terbakar setinggi 15 lantai dan tanpa meletakkan jaring pengaman di bawahnya.
  

5. parliamentarian Gallup
Robert town adalah seorang ilusionis dan eskapologis Amerika, yang dikenal dengan aksi melarikan diri dengan hitungan waktu yang dapat berakibat kematian. Ia pula yang dikenal sebagai pengusung istilah extreme magic. Namanya menjadi favourite setelah tampil dalam sebuah acara televisi,  The Worlds Most Dangeorus Magic di akhir 1990an. Ia melakukan sebuah aksi yang dikenal dengan istilah 60 detik untuk hidup, ia digantung dalam keadaan terikat di bawah sebuah pohon dengan tali yang terbakar.


6. Roslyn Walker

Roslyn Walker dikenal juga sebagai “Gentleman Escape Artist,” adalah seorang eskapologis dan stuntman berbakat dan popular berkebangsaan Inggris. Diusianya yang masih muda (30 tahunan), Walker telah memiliki reputasi yang baik dalam sebuah pertunjukan eskapologi,selain itu juga ia banyak memecahkan rekor dunia baik untuk aksi nekad eskapolognya maupun sebagai seorang stuntman.
Pada April 2011, Walker berhasil melepaskan dirinya dari sembilan ikatan tangan hanya dalam satu menit, sementara rekor sebelumnya mencatat enam menit waktu yang dibutuhkan untuk melepaskan  sembilan ikatan tangan. Ia pun berhasil melepaskan tangannya dari 677 borgol polisi yang dikenakan kepadanya, aksinya memang tiada lain terinspirasi oleh sang legenda, Harry Houdini—terkenal atas keberanian dan inovasi eskapologinya.

7. Anthony Martin


Anthony Martin adalah seorang eskapologis yang terkenal dengan ungkapan filosofi atas aksi-aksi yang dilakukannya. Keyakinannya memandunya kepada beberapa aksi yang juga dilakukan oleh para eskapologi di stasiun televisi ABC. Ia juga menampilkan sebuah aksi eskapologi ekstrim, terkunci dalam sebuah peti mati yang dijatuhkan dari sebuah pesawat di ketinggian15.000 kaki di atas permukaan tanah.
Ia pun melakukan sebuah penguburan diri di bawah 2.000 pon pasir gurun dan dari sebuah jeruji besi yang dimasukan ke dalam air es. Martin pun dikenal baik dengan sebuah pelepasan diri dari kungkungan jeruji penjara, salah satunya dikenal dengan pertunjukan "Ed Gein escape", ketika itu tanganya diikat dengan enam borgol, dan berada di dalam enam lapisan jeruji penjara dengan dengan enam pintu yang terkunci.


8. Kristen Johnson

Kristen Johnson adalah seorang peraih penghargaan sebagai artis eskapologi, yang melakukan pertunjukannya bersama sang suami Kevin idgeway, di bawah bendera "Living Illusions." Johnson dan suaminya melakukan pertunjukan atas dasar keyakinannya sebagai seorang penganut agama kristen, ia melakukan semua aksinya atas pertolongan Tuhan.
Johnson yang dikenal untuk aksinya, "Full View Water Torture Cell," sebuah aksi yang memerlukan daya tahan untuk menyimpan dan mengefektifkan oksigen tubuh, terkunci di bawah kedalaman air. Kemudian ia berhasil melepaskan diri dari kondisi terkekang tersebut dalam waktu 2 menit dan 48 detik, ia pun menawarkan imbalan sebesar 10.000 dollar AS kepada siapapun yang mampu mengalahkan waktunya saa itu. Dikabarkan ia melakukan aksi eskapologinya sebanyak 30 kali selama sepuluh hari, mungkin itulah yang membuat tingkat keyakinan dan ketenangannya semakin besar.


9. Jonathan Goodwin

Jonathan Goodwin seorang eskapologis Inggris yang dikenal dengan pelarian diri gaya "lo-fi" dan modern, dan memang ia adalah seorang seniman eskapologi yang eksentrik. Salah satu sensasi yang berkesan adalah pada tahun 2006, ketika itu ia gagal dalam usahanya untuk melepaskan diri dari sebuah kondisi tubuh tergantung selama 30 detik dan tali tersebut kemudian putus menyisakan satu tali pengaman saja, namun ia berhasil selamat.
Ia pun banyak tampil dalam berbagai acara televisi, seperti di Discovery Netwok's One Way Out.  Seperti peristiwa tahun 2006 lalu, ia pun selamat dari kondisi terkubur hidup-hidup,  berhadapan dengan ikan hiu dan berada di dalam sebuah kotak yang dipenuhi oleh 50.000 lebah dan saat itu ia berusia 30 tahun.

10. Steve Santini 


Salah satu artis eskapologi asal Kanada lainya adalah, Steve Santini, ia dikenal dengan sebutan "The Dark Master" , seorang eskapologis ekstrim sekaligus aneh. Seringkali ia berpenampilan bak seorang musisi rock ataupun metal, penampilannya bergaya gotik dengan alat bantu yang merupakan warisan dari peradaban zaman pertengahan. Seperti alat penyiksa zaman Victoria,  yang terlihat ia gunakan di dalam sebuah acara  Ripleys's Believe it or Not! Bahkan kadang pertunjukkan eskapologinya hampir mirip dengan sebuah konser musik metal. 
Walaupun begitu, penampilannya tidak seortodoks alat-alat yang digunakannya. Santini sangat popular atas aksinya melarikan diri dari kurungan penjara terkenal di Kota Ontario, yakni Cornwall Jail. Ia mencatat rekor baru pada tahun 2010 lalu, ia pun berhasil melepaskan borgol polisi dalam waktu tujuh detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar