Selasa, 29 Mei 2012

Spesies-spesies yang Baru Ditemukan

Tarantula biru, monyet bersin, dan jamur Spongebob Squarepants adalah beberapa spesies yang baru ditemukan tahun ini.

Dengan panjang hanya 0,5 mm, …
Dengan panjang hanya 0,5 mm, nematode mungil ini disebut cacing setan. Mereka adalah organisme multisel yang ditemukan dalam lapisan tanah terdalam. Cacing ini ditemukan di kedalaman 1,3 km di tambang emas di Afrika Selatan; disebut Halicephalobus mephisto dari legenda Faust akan setan karena spesies baru ini harus hidup di 'neraka', bertahan hadapi tekanan bawah tanah dan suhu panas.


Ubur-ubur biru Bonaire bentuk …
Ubur-ubur biru Bonaire bentuk kotak ini juga memiliki sengatan mematikan. Ubur-ubur ini ditemukan di perairan Bonaire di Kepulauan Karibia-Belanda; spesies ini dinamai Tamoya ohboya oleh seorang guru sebagai bagian proyek ilmu pengetahuan warga, Ubur-ubur ini adalah satu dari 50 jenis ubur-ubur bentuk kotak. Tak seperti ubur-ubur lainnya, ubur-ubur kotak punya penglihatan.


Manik kaca tempat hidup nematoda …
Manik kaca tempat hidup nematoda bernama Devil's worm atau cacing setan. Sebenarnya ini adalah bakteri biofilm berwarna cokelat.


Tarantula biru dengan bulu …
Tarantula biru dengan bulu nyaris transparan ini adalah spesies pertama dari Brasil yang masuk dalam daftar 10 spesies baru tahun ini. Pterinopelma sazimai bukanlah tarantula biru pertama, namun ia spektakuler karena berasal dari ekosistem pulau di pegunungan puncak datar.


Penguntit di malam hari adalah …
Penguntit di malam hari adalah satu cara untuk menggambarkan anggrek langka dari Papua Nugini, bunganya mekar mulai jam 10 malam dan menutup lagi pada waktu subuh. Anggrek yang mekar malam hari ini bernama Bulbophyllum nocturnum, sesuai nama Latinnya. Ini adalah spesies anggrek yang mekar malam hari dari 25 ribu jenis spesies anggrek yang diketahui.


Spesies kaki seribu terbaru …
Spesies kaki seribu terbaru ini panjangnya 1,5 cm dengan 56 cincin, atau bagian tubuh yang memuat bagian tubuh untuk berjalan, masing-masing dengan dua pasang kaki.


Kaki seribu raksasa yang panjangnya …
Kaki seribu raksasa yang panjangnya mencapai sosis mendapat nama "sosis kaki berjalan," sekaligus arti dari nama Latinnya: Crurifarcimen vagans. Spesies ini memecahkan rekor untuk kaki seribu terpanjang, yaitu 16 cm, dan ditemukan di pusat keanekaragaman hayati, Pegunungan Eastern Arc Tanzania.


Poppy musim gugur dari Nepal …
Poppy musim gugur dari Nepal atau Meconopsis autumnalis tumbuh liar di ketinggian 4000 meter di Himalaya, Nepal.


Spesies serangga parasit baru …
Spesies serangga parasit baru sepanjang 1 cm ini ditemukan di Madrid, Spanyol sedang berburu semut. Serangga kecil ini menyerang dari udara, menyimpan telur dalam kecepatan kurang dari satu per dua puluh detik.


Sejenis monyet berhidung pesek …
Sejenis monyet berhidung pesek ditemukan di utara Myanmar dan disebut Rhinopithecus strykeri. Saking dalamnya hidungnya, monyet ini terdengar suara bersinnya yang keras saat hujan. Menurut laporan pemburu lokal, agar tak menghirup air, monyet ini duduk dengan kepala tersembunyi di antara lututnya saat hujan.


Meski spesies baru ini terlihat …
Meski spesies baru ini terlihat seperti "kaktus berjalan" daripada hewan, Diania cactiformis adalah grup yang punah bernama Lobopodia, dengan tubuh seperti cacing dan banyak kaki. Hewan ini hidup 520 juta tahun lalu, fosilnya ditemukan di barat daya Cina.


Spesies jamur baru hidup di …
Spesies jamur baru hidup di hutan tropis, di bawah pohon. Para ilmuwan yang menemukannya mengatakan bahwa jamur ini nyaris seaneh SpongeBob SquarePants. Bentuknya seperti spons laut, warna oranye terang (dan kadang ungu). Spongiforma squarepantsii, ditemukan di hutan Sarawak, Malaysia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar