Senin, 26 Maret 2012

4 Hitokiri

4 Hitokiri yang berjuang menjatuhkan Bakufu dan mendukung restorasi Meiji:

Kawakami Gensai

Kawakami Gensai lahir di Kumamoto 4 Desember 1834. Doi merupakan master dalam teknik kilat Shiranui Ryu. Dikatakan dalam sejarah bahwa Gensai berperawakan kecil dan orang yg melihatnya sekilas akan berpikir bahwa dia seorang perempuan. Tetapi berlainan dengan fisiknya, Kawakami Gensai diakui sebagai hitokiri terhebat dalam sejarah Jepang. Dia bertarung memperjuangkan restorasi Meiji. Akibatnya dia dipenjara oleh Bakufu dan baru dibebaskan setelah Restorasi Meiji. Ironisnya nanti doi dieksekusi oleh pemerintahan baru pada 14 Januari 1871. Karakter anime Himura Kenshin(Rurouni Kenshin) diciptakan berdasarkan Kawakami Gensai

Kirino Toshiaki

Kirino Toshiaki dikenal juga dengan nama Nakamura Hanjiro lahir pada Desember 1838 merupakan master dalam ilmu Ko-Jigen Ryu. Aktivitas Kirino dalam menentang Bakufu banyak berpusat di kyoto. Selama perang Boshin, doi merupakan komandan senior dari Satsuma. Sayangnya setelah restorasi Meiji, beliau bergabung dengan Saigo Takamori dalam pemberontakan Satsuma dan terbunuh pada akhir pemberontakan (24 September 1877)

Tanaka Shinbei

Shinbei merupakan hitokiri yg berasal dari distrik Satsuma. Beliau berada di bawah komando Takechi Hanpeita. Tugasnya adalah membunuh pejabat-pejabat yang loyal kepada Shogun Tokugawa. Sebenernya Shinbei berasal dari latar belakang rakyat jelata. Tetapi setelah pembunuhan penting pertamanya, dia diangkat menjadi samurai. Kabarnya doi juga yg telah membunuh Ii Naosuke, seorang kepala administrasi Edo dan Pejabat penting pemerintahan Bakufu. Pembunuhan Naosuke inilah yg menyebabkan dibentuknya Shinsengumi yg bertujuan untuk menekan aktivitas hitokiri dan para penentang Tokugawa. Shinbei mengakhiri hidupnya sendiri dengan melakukan Seppuku pada 11 Juli 1863 setelah tertangkap tangan membunuh pejabat senior di Anenokoji.

Okada Izo
Okada Izo (冈田 以 蔵 14 Februari 1832 - 3 Juni 1865, lahir di Yoshifuru, Jepang) Okada Izo sebenarnya adalah seorang prajurit samurai terampil, tetapi hidupnya rusak oleh  nasib. Menjadi master pagar lahir, yang bisa menciptakan gaya asli dari seni pedang di masa mudanya dan kemudian masuk Onoha Itto Ryu sekolah diajarkan oleh Hanpeita Takechi, yang kemudian menjadi pemimpin Tosa Kinnoto, sekelompok radikal antiforeigner. Di bawah arahan Hanpeita Takechi, Izo sangat dipengaruhi oleh pikiran antiforeigner dan menjadi sangat aktif di Kyoto sebagai pembunuh. Akibatnya, dia takut sebagai salah satu dari empat pembunuh yang paling menonjol dari Keshogunan Edo Periode terlambat. Tapi setelah stroke 8,18 di Bunkyu, aktivis antiforeigner diusir dari Kyoto dan Izo tertangkap di Tosa. Pada tahun 1865 pada usia 32, dua tahun sebelum fajar Restorasi Meiji, dipenggal untuk kejahatan pembunuhan serial. Meskipun kegiatan terkenal nya seperti terorisme, Okada Izo, tetap menjadi salah satu pejuang paling populer pada zaman tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar