Rabu, 21 November 2012

10 Tokoh Biologi Terkenal

Biologi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang ilmu hayat. Biologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari aspek fisik kehidupan semua mahluk hidup. 
Sama seperti ilmu-ilmu yang lain, Biologi juga memiliki tokoh-tokoh terkenal yang berjasa dalam perkembangan ilmu Biologi. Yuk kita kenali beberapa di antara tokoh-tokoh biologi yang terkenal. 

1. Antony van Leeuwenhoek (1632-1723)
Antony van Leewehoek merupakan tokoh bilogi yang menemukan mikroskop. Mikroskop yang ia gunakan lebih baik daripada yang digunakan oleh Robert Hooke. Dari mikroskop yang ia temukan, ia gunakan untuk mengamati berbagai hal. Dari sini ia dapat mendeskripsikan berbagai hal seperti kapiler darah, protozoa, dan spermatozoa pada serangga dan manusia. 

2. Jakob Schleiden (1804-1881)
Schleiden adalah seorang ahli botani. Botani merupakan cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tumbuhan. Schleiden inilah yang menemukan sel. Schleiden menyatakan bahwa suatu individu tersusun atas sel-sel. Scheleiden mengamati keberadaan unit terkecil dari mahluk hidup tersebut menggunakan mikroskop. 

3. Karl Nageli (1817-1891)
Karl Nageli merupakan ahli botani yang berkebangsaan Swiss. Nageli melakukan pengamatan tentang perkembangan tumbuhan, jaringan dan pembelahan sel. 

4. Stephen Hales (1677-1761)

Stephen Hales adalah seorang ahli biologi yang menulis buku tentang struktur dan fungsi bagian-bagian tumbuhan. Buku tersebut berjudul egetable statticks. Buku ini terbit pada tahun 1727. 

5. Marie Francois Bichat (1771-1802)
Setelah ditemukannya sel, Marie Francois Bichat tertarik untuk lebih mempelajarinya. Marie Francois Bichat merupakan ahli biologi yang sangat berjasa dalam pemahaman mengenai cara kerja sel. Pemikiran Mari Francois Bichat telah menjadi suatu dasar atas perkembangan histologi. Histologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jaringan dan organ.
6. Karl Landsteiner (1868-1943)
Karl Landsteiner merupakan ahli di bidang fisiologi dan kedokteran. Karl Landsteiner adalah seorang ilmuwan terkenal berkebangsaan Austria. Karl Lansteiner adalah ilmuwan yang menemukan penggolongan darah A, B dan O. Di samping itu juga menggolongkan darah berdasarkan sistem rhesus. Atas jasanua itu ia memperoleh hadia nobel tahun 1940. 

7. Ibnu Al-Nafis Damishqui (1213-1288)
Ibnu Al-Nafis merupakan orang pertama yang mampu mendeskripsikan peredaran darah dalam tubuh manusia. secara tepat. Penemuan besar ini terjadi sekitar tahun 1242. Ibnu Al-Nafis ketika itu mampu menggambarkan secara detail aliran darah mellaui paru-paru dan membentuk sistem sirkulasi darah. 

8. Antoine Lavoisier (1743-1794)
Antoine Lavoisier adalah ilmuwan pertama yang menemukan istilah oksigen yang ia ambil dari bahasa Yunani yang berarti pembuat asam. Antoine Lavoisier adalah ahli di bidang fifiologi. Antoine Lavoisier telah banyak melakukan percobaan-percoban di bidang fisiologi. 

9. Claude Bernard (1813-1878)
Claude Bernard adalah seorang ahli fisiologi yang berkebangsaan Perancis. Penemuannya yang terkenal adalah cara tubuh mempertahankan keseimbangan konsentrasi cairan tubuh. Hal inilah yang akhirnya menjadi dasar perkembangan homeostasis.

10. Johannes Purkinje (1787-1869)
Johannes Purkinje adalah seorang ahli saraf. Johannes Purkinje adalah seorang ilmuwan berkebangsaan Chechna. Johannes Purkinje adalah ilmuwan yang pertama kali mengethaui keberadaan sel purkinje. Sel Purkinje merupakan sebuah neuron besar yang terdapat di otak.

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Always-0n | Powered by Blogger | Happy Day Template designed by BlogSpot Design - Ngetik Dot Com